Satu dari banyak strategi periklanan
(promosi) yang digunakan saat ini adalah iklan online (online
advertising) melalui internet. Dibandingkan dengan bentuk iklan lain
seperti penggunaan papan reklame besar serta iklan TV, iklan online dan
internet marketing atau advertising ini dianggap sebagai salah satu yang
paling terjangkau namun merupakan bentuk iklan yang sukses. Hal ini
karena harga yang relatif lebih murah dan jauh lebih mudah untuk
dicapai(menuju sasaran), dibandingkan dengan mendirikan sebuah billboard
atau iklan TV, Jadi apa sebenarnya online advertising atau internet
advertising itu ?
Definisi Online Advertising?
Online
advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan
World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi)
untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya
satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi beberapa bagian atau
teknik. Menurut para professionasl Internet Advertising, iklan online
meliputi beberapa teknik seperti iklan kontekstual pada halaman hasil
mesin pencari(search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads
(periklanan dengan melibatkan media interactiv digital seperti audio dan
video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising),
iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising),
jaringan periklanan (advertising networks) dan e-mail marketing, serta
bahkan e - mail spam.
Keunggulan dibandingkan dengan metode konvensional
Karena
munculnya teknologi online yang menjadi booming saat ini, perusahaan di
seluruh dunia telah sangat mengambil manfaat dari hal ini untuk
menyampaikan pesan-pesan mereka secara serentak di seluruh dunia.
Melalui penggunaan ini, beberapa profesional kemudian membuat beberapa
laporan dari keuntungan ini dibandingkan dengan metode konvensional
seperti membuat billboard dan iklan TV.
Menurut konsultan Internet Advertising, keuntungan menggunakan iklan online meliputi:
Segera
menerbitkan informasi dan konten. Salah satu dari banyak perjuangan
mendirikan sebuah iklan adalah waktu bahwa perusahaan-perusahaan harus
menunggu sebelum benar-benar membuat iklan mereka di publikasikan.
Online advertising, bagaimanapun, membuat ini lebih mudah dan lebih
cepat, serta tidak membatasi cakupan geografis dan waktu. Untuk itu,
iklan interaktif yang muncul menghadirkan tantangan-tantangan segar
bagi pengiklan, yang hingga kini masih mengadopsi strategi interruptive
(contoh iklan TV).
Efisiensi
investasi pengiklan. Online advertising memungkinkan untuk penyesuaian
iklan, termasuk konten dan diposting website. Sebagai contoh, AdWords
dan AdSense memungkinkan iklan yang ditampilkan di halaman Web yang
relevan atau berada disamping hasil pencarian dengan kata kunci yang
telah dipilih dulu.
Metode
Pembayaran. Apa pun variasi pembelian yang dipilih, pembayaran biasanya
relatif dengan respon audiens, apa lagi dengan banyaknya payment
processor online yang ada saat ini banyak tersedia seprti paypal,
alertpay, Neteler dan ain sebagainya.
Metode tidak etis iklan online
Selain metode etis periklanan online, seperti penggunaan aplikasi yang ramah pengguna, terdapat juga metode kelas iklan yang dianggap tidak etis dan bahkan mungkin dianggap ilegal. Ini termasuk aplikasi eksternal yang mengubah pengaturan sistem (seperti browser's home page), pop-up, dan memasukkan iklan ke dalam halaman web non-afiliasia, plikasi seperti itu biasanya dicap sebagai spyware atau adware.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar